Kongres IMATETANI XII

Ikatan Mahasiswa Teknik Pertanian Indonesia atau biasa disebut dengan IMATETANI kembali menggelar kongresnya yang ke-12. Kongres tersebut dilaksanakan pada tanggal 6 Maret hingga 10 Maret 2018 di Universitas Sriwijaya, Indralaya Palembang. Peserta yang ikut serta dalam kongres tersebut merupakan perwakilan anggota himpunan dari setiap universitas yang terdaftar sebagai anggota institusional IMATETANI. Adapun universitas yang terdaftar sebagai anggota IMATETANI antara lain Universitas Syiah Kuala ﴾Aceh), Universitas Sumatera Utara ﴾Medan), Universitas Sriwijaya ﴾Palembang), Universitas Lampung ﴾Lampung), Universitas Andalas (Padang), Universitas Gadjah Mada ﴾Jogjakarta), Universitas Padjadjaran ﴾Bandung), Institut Pertanian Bogor ﴾Bogor), Universitas Jenderal Soedirman ﴾Purwokerto), Universitas Brawijaya ﴾Malang), serta Instiper Jogjakarta ﴾Jogjakarta) . Politeknik Negeri Lampung (Lampung), dan Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (Sumatra Barat).

Kongres ini memiliki beberapa agenda diantaranya adalah Seminar Nasional Tekologi Pertanian yang dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2018 dengan judul “Peran Teknik Pertanian Dalam Mendukung Swasembada Padi, Jagung, Kedelai Menuju Kemandirian Pangan”.  Seminar tersebut diisi oleh DR.Ir Desrial, M.eng dari Institut Pertanian Bogor yang merupakan ketua PERMATETA. Agenda selanjutnya adalah agenda Laporan Pertanggung Jawaban dari Pengurus IMATETANI Periode 2017-2018 yang bertempatan di aula student center, Universitas Sriwijaya Kampus Indralaya, Palembang. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Brata Pradipta (Universitas Gadjah Mada) sebagai pemimpin sidang 1, Fikri Dinegoro (Universitas Andalas) sebagai pemimpin sidang 2, Elsa Permatasari (Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh) sebagai pemimpin sidang 3, Husni Mubarak (Universitas Syiah Kuala) sebagai notulensi 1 dan Daniel Anju Simanjuntak (Universitas Sumatera Utara) sebagai notulensi 2.

Agenda selanjutnya adalah pemilihan ketua umum IMATETANI untuk periode 2018-2019. Terdapat 2 kandidat yang akan menjadi ketua umum IMATETANI yaitu M. Faizal Alim yang merupakan mahasiswa Universitas Gadjah Mada dan Elroza Wulandari yang merupakan mahasiswa Universitas Andalas. Para kandidat tersebut diberi waktu untuk menyusun visi dan misi mereka yang akan disampaikan melalui presentasi kepada forum. Setelah pemaparan dan melakukan musyawarah terpilihlah M.Faizal Alim sebagai ketua IMATETANI periode 2018-2019. Agenda selanjutnya adalah membahas mengenai Garis-Garis Besar Haluan Kerja IMATETANI serta pemilihan tuan rumah untuk pelaksanaan kongres IMATETANI XIII 2019 dan Pekan Teknik Pertanian Nasional (PTPN) X lalu telah ditetapkan bahwa Universitas Jenderal Soedirman berkesempatan untuk menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan kongres IMATETANI XIII dan Universitas Gadjah Mada berkesempatan menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Pekan Teknik Pertanian Nasional (PTPN) (Harits, TEP 2015).

Ketua Umum IMATETANI 2018-2019 M. Faizal Alim (Universitas Gadjah Mada)

Pelaksanaan Kongres IMATETANI XII

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *