Selamat datang di Laman Web Resmi Himateta Unpad

Semar Berdasi 2017: Lead Changes Through Groundbreaking Ideas

Setiap tahunnya, program kerja dari divisi Minat dan Bakat ini selalu dinantikan oleh anggota Himateta Unpad. Pada tahun 2017, penyelenggaraan Seminar Kreativitas bersama Pemuda Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Semar Berdasi telah memasuki tahun ke-6. Bertempat di Auditorium Pascasarjana Fikom Unpad, acara seminar ini mengusung tema creativepreneurship. Narasumber pada Semar Berdasi kali ini yaitu Nurfadli Mursyid dan Jasmine Surkaty. Kedua narasumber tersebut merupakan komikus yang karya nya sangat digandrungi oleh netizen di media sosial. Nurfadli Mursyid merupakan kreator dari komik strip Tahilalats, dan Jasmine Surkaty merupakan kreator dari Komik Ga Jelas.


Komik Ga Jelas merupakan Komik Strip Online yang menceritakan kehidupan sehari-hari dengan humor yang ‘absurd’. Hingga sekarang Komik Ga Jelas aktif di berbagai platform media sosial, juga bekerja sama dengan Tees.co.id dan Malesbanget.com. Serta, Komik Ga Jelas telah membuat merchandise, self-publish untuk event, serta telah menerbitkan komik cetak. Selain itu, Komik Ga Jelas juga bekerjasama dengan Kementrian Hukum dan HAM untuk menyosialisasikan kegiatan kreatif dan hak cipta yang sasarannya adalah anak-anak.

Pembicara kedua pada seminar ini adalah Nurfadli Mursyid. Latar belakang pendidikan yang jauh dari dunia kreatif, membuat kreator dari Tahilalats ini mempelajari sendiri tentang berkarya di media sosial. Berawal dari blog, dan mendalami ilustrasi untuk komik stripnya, Nurfadli akhirnya mulai menyebarluaskan karyanya memalui instagram yang dinilai memiliki peluang agar karyanya dapat dinikmati banyak orang. Nurfadli kini telah menerbitkan buku komik serta menjadi kreator di Line Webtoon yang penghasilannya berkisar antara 6-9 juta per bulan! Bagi anak muda, jumlah tersebut tergolong besar jika kita berkarya di dunia kreatif.

Sebagai anak muda yang senang berkarya, Nurfadli membagikan beberapa tipsnya untuk Berkarya di Sosial Media :
1. Manfaatkan berbagai platform
2. Ciptakan konten yang menarik (menghibur dan mengedukasi)
3. Konsisten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *