Selamat datang di Laman Web Resmi Himateta Unpad

Yuk Baca dan Gali Informasinya

Sebelum masuk ke inti pembicaraan, saya akan memperkenalkan arti membaca itu sendiri. Apa itu membaca? Membaca itu adalah cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis. Semakin banyak kita membaca, semakin banyak pula informasi yang kita dapatkan.
Manfaat membaca? Itusih gausah ditanya, karena selain mendapatkan informasi, membaca bisa memperluas wawasan kita akan berbagai hal dan mengasah daya analisis kita terhadap suatu problematika. Kata orang-orang sih buku itu merupakan jendela dunia? Yap, bener banget. Tapi sekarang bukan hanya buku aja yang jadi jendela dunia. Seiring berjalannya waktu ada yang namanya internet alias google di mana kamu bisa membaca bebagai hal untuk menambah informasi kamu yang pastinya membaca hal-hal yang positif ya. Selain itu membaca buku di internet juga sangat memungkinkan melalui yang namanya Ebook (Electronik Book) yang bisa didapatkan dengan mudah jika dipublikasikan secara gratis oleh penulisnya.

Namun amat sangat disayangkan, dewasa ini jarang kita temui mahasiswa yang gemar membaca atau mengisi waktu luang untuk membaca. Malah kebanyakan mahasiswa saat ini lebih memilih untuk main game, jalan-jalan atau nongrong-nongkrong bersama teman-temannya. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) dan The United Nation of Education Social and Cultural (Unesco) tahun 2012, jumlah masyarakat yang memiliki minat baca hanya 1:1.000. Artinya, dari 1.000 penduduk Indonesia, hanya satu yang memiliki minat baca. Sisanya, 999 orang, kurang memiliki keinginan untuk membaca. Miris sih melihatnya karena sepertinya upaya founding fathers untuk menjadikan indonesia semakin maju tampaknya masih jauh dari harapan.

Dengan fakta tersebut, harusnya kita sebagai mahasiswa yang notabenenya sebagai penerus bangsa sangat mutlak untuk meningkatkan cakrawala pengetahuan dengan membaca dan mengikuti informasi-informasi yang ada. Khususnya untuk kita-kita anak teknik yang setiap harinya harus mencari jurnal, artikel, buku, karya ilmiah dll. yang sangat dibutuhkan untuk referensi tugas-tugas kuliah. Tidak masalah kita membaca melalui buku cetak ataupun melalui internet, selama masih dapat memanfaatkan waktu luang dengan mengisi hal-hal yang bermanfaat, seperti membaca. Karena minat baca mahasiswa tentu saja bisa dan mempengaruhi prestasinya di kampus dimana mahasiswa yang suka membaca umumnya memiliki cara berfikir yang cerdas, kreatif dan kritis. Selain itu ada karya besar alias skripsi yang menunggu kita-kita mahasiswa TEP. Seperti yang kita tau skripsi itu melalui beberapa tahapan yang membutuhkan informasi dari berbagai sumber. Jadi, kalau tidak dibiasakan membaca sekarang mau kapan lagi? So, lets keep reading and find out the information.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *